5 Jenis Bekas Jerawat yang Perlu Kamu Ketahui

 

Bekas jerawat menghitam bisa mengusik rasa percaya diri, apalagi timbul bopeng di sekeliling pipi. Wajar jika berbagai cara untuk menghilangkan noda hitam membandel dilakukan, mulai dari membeli skincare mahal hingga melakukan treatment khusus di klinik kecantikan. Pokoknya semua usaha dicoba demi memiliki kulit bersih yang nyaman dipandang.

Sebelum kamu bertindak lebih jauh hingga mengeluarkan biaya tidak sedikit, yuk pahami dulu biang masalah yang sebenarnya sedang dihadapi. Sebab, berbeda-beda jenis bekas jerawat, lain pula cara mengatasinya, lho! Selain flek warna, ada juga bekas jerawat berbentuk luka berlubang atau scar acne.

Memang ada banyak solusi perawatan wajah, tapi tentu prosesnya bakal efektif jika solusinya tepat sasaran. Pemilihan treatment perlu banget disesuaikan dengan tipe jerawatmu sebelumnya hingga jenis bekas jerawat yang muncul. Nah, apa saja jenis-jenis bekas jerawat itu? Berikut 5 jenis noda bekas jerawat yang harus kamu ketahui!

  1. Hyperpigmentation / Flek Hitam

Seringkali bekas jerawat menyisakan bintik noda yang pekat, khususnya pada sekitar dagu. Terkadang warnanya juga kemerahan.

Jangan khawatir, sebenarnya jejak hyperpigmentation dapat disamarkan, kok. Asalkan kamu menemukan skincare yang cocok dengan kondisi kulit yang bertipe normal, berminyak, ataupun sensitive yang memiliki efek pencerah dan memudarkan bekas jerawat.

Pada beberapa jenis krim hiperpigmentasi sendiri biasanya terkandung bahan aktif pencerah seperti AHA, retinoid, niacinamide, dan Vitamin C. Komposisi penting dalam skincare ini bersifat mencerahkan dan juga mengeksfoliasi, sehingga seringkali dianjurkan untuk mengatasi flek hitam hingga memperbaiki kerusakan tekstur kulit.

Untuk memudarkan bekas jerawat secara efektif, kamu harus rajin menggunakan skincare secara rutin di pagi dan malam hari, tepat setelah membersihkan wajah menggunakan foam ataupun deep cleanser terlebih dahulu.

  1. Ice Pick Scar

Jenis bekas jerawat ini memiliki bentuk serupa lubang yang sangat dalam, bahkan meluas ke lapisan dermis di bawah permukaan kulit. Peradangan jerawat ini meninggalkan bekas luka seperti tusukan pada bagian rahang, pipi, dan juga dagu. Salah satu penyebabnya tak lain adalah infeksi dari sisa-sisa jerawat meradang ke permukaan. Jaringan kulit pun menjadi hancur hingga menyisakan kolom luka yang memanjang.

Jika kamu berkeinginan untuk mengatasi ice pick scar maka kamu bisa mencoba laser treatment, punch excisions, ataupun proses cangkok kulit.

  1. Rolling Scar

Bekas rolling scar terbilang dangkal di mana bekas jerawat membuat tekstur kulit nampak naik turun seperti ombak bergulung. Pada umumnya tampakan bopeng membulat ini terjadi setelah jerawat meradang dalam waktu lama. Cara paling efektif untuk menangani rolling scar adalah dengan perawatan laser agar permukaan kulit merata kembali. Selain laser treatment, bisa juga dilakukan juga facial filler dengan dokter kulit di sebuah klinik kecantikan.

  1. Boxcar Scar

Lubang jerawat boxed scar memang tidak terlalu dalam, tetapi memiliki ukuran lebih lebar, disertai batas-batas bekas jerawat yang bersudut vertikal tajam, layaknya sebuah kotak. Penyebab utama box scar adalah produksi kolagen yang terlalu sedikit dan hilangnya jaringan tissue pada kulit, sehingga permukaan tersebut justru melesak ke bagian dalam. Saat ini boxed scar masih bisa ditangani melalui perawatan Auto Microneedle dan Laser Fraksional.

  1. Keloid / Hipertrophic Scar

Keloid merupakan bekas luka menonjol yang kerap kali muncul akibat jerawat di bagian punggung. Pada umumnya tonjolan itu terbentuk ketika tubuh mencoba pulih dari peradangan, tetapi memproduksi terlalu banyak sel kolagen selama pemulihan. Untuk menghilangkan keloid diperlukan metode yang sangat khusus yaitu suntik kortikosteriod oleh dokter di klinik atau rumah sakit.

4 Cara Untuk Memudarkan Bekas Jerawat

Seperti telah dijelaskan tadi kamu dapat melakukan sejumlah metode kecantikan untuk memuluskan bekas jerawat yang sangat bandel. Namun, tentunya kamu harus dibantu oleh dokter ahli kulit yang berpengalaman, tenaga kesehatan professional, serta berada di tempat yang memiliki fasilitas khusus.

Berikut ini tiga di antara berbagai solusi memudarkan noda dan bekas luka jerawat di wajah :

  1. Perawatan Laser

Terdiri dari laser fraksional dan resurfacing untuk merangsang pertumbuhan kolagen, mengencangkan kulit, serta memperbaiki lapisan yang rusak

  1. Dermal Filler

Seperti namanya, Dermal Filler akan mengisi jaringan bopeng dengan produk treatment yang mengandung kolagen aktif dan lengkap

  1. Dermabrasi

Dermabrasi merupakan teknik pengelupasan kulit menggunakan alat khusus yang berputar di sekeliling permukaan wajah sampai kemudian lapisan paling luar dapat diangkat. Selama proses dermabrasi pasien akan dibius agar kulit mati rasa dan kamu tidak mengalami rasa sakit.

  1. Produk Skincare

Khusus untuk bekas-bekas jerawat berupa hiperpigmentasi, terutama yang masih baru, sebenarnya masih bisa diatasi dengan produk skincare. Kamu bisa pilih skincare dengan kandungan-kandungan yang efektif untuk mencerahkan, seperti kandungan Vitamin C, Ginseng Korea, dan Vitamin E yang terdapat di Aizen Elixskin Nutritive Cream.

Yang terpenting, untuk memudarkan bekas jerawat secara efektif, kamu harus rutin dan tekun dalam menjalankan perawatan. Ingat bahwa perawatan untuk memudarkan bekas jerawat tidak bisa dilakukan secara instan ya, dear!