Kita sering mendengar kalo vitamin C itu bagus untuk kulit. Tapi apa kamu tahu apa itu sebenarnya vitamin C dan kenapa vitamin C itu bagus untuk kulit?

WHAT’S VITAMIN C?

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang dapat dihasilkan secara alami. Vitamin C banyak ditemukan di buah-buahan seperti jeruk, kiwi, brokoli, tomat, dan kentang. Vitamin C sangat bagus untuk kulit karena Vitamin C punya manfaat antioksidan bila diaplikasikan secara topikal pada kulit dan meningkatkan imunitas apabila dikonsumsi.

VITAMIN C IN OUR SKIN

Sebenarnya ada banyak vitamin C di dua lapisan terluar kulit kita (epidermis dan dermis), tapi seiring dengan bertambahnya usia, jumlah vitamin C ini semakin berkurang. Perubahan ini biasanya diakibatkan oleh paparan sinar matahari (sinar UV) dan polusi.

THE BENEFITS OF VITAMIN C

Kalo bicara manfaat, sebenernya manfaat vitamin C itu ada banyak banget. Manfaat vitamin C yang paling terkenal tentu saja manfaatnya untuk mencerahkan kulit. Tapi selain itu, vitamin C sebenarnya juga efektif untuk meratakan warna kulit, mengurangi tampilan garis halus dan keriput, serta melindungi kulit dari pemicu stress yang berasal dari lingkungan seperti radikal bebas. Bahkan, vitamin C dapat mendorong produksi sekaligus mempertahankan kolagen dalam tubuh.

VITAMIN C FORMS

Ada beberapa bentuk vitamin C yang banyak beredar di pasaran, seperti:
  • Sodium ascorbyl phosphate
  • Ascorbyl palmitate
  • 3-O ethyl ascorbic acid
  • Tetrahexyldecyl ascorbate
  • Magnesium ascorbyl phosphate
  • Ascorbyl glucoside
Tapi kamu harus tahu kalo bentuk-bentuk vitamin C ini punya tingkat efektivitas yang berbeda-beda. Ada bentuk vitamin C tidak bisa diserap oleh dermis dalam jumlah yang memadai dan ada yang tidak bisa berubah menjadi bentuk aktif vitamin C di dalam kulit.

THE BEST VITAMIN C FORM

Terus mana dong yang paling efektif? Dari itu semua, sebenarnya bentuk vitamin C yang paling stabil adalah Magnesium ascorbyl phosphate (MAP), karena molekulnya paling mudah diserap oleh kulit. Selain itu, MAP juga paling efektif dalam melembabkan, mengunci kelembaban, dan memproduksi kolagen.
(Sumber: ncbi.nlm.nih.gov)
By the way, tahu nggak sih kamu kalo Magnesium ascorbyl phosphate (MAP) ini adalah salah satu bahan utama Aizen Elixskin?
Karena menggunakan bentuk vitamin C yang paling efektif, makanya Elixskin jadi produk yang ampuh buat memudarkan bekas jerawat dan segala bentuk hiperpigmentasi!