Penasaran kenapa setiap pakai produk kok pasti selalu breakout? Mungkin kamu selama ini pakai produk dengan bahan-bahan yang tidak cocok dengan kulit berjerawat. Memangnya apa aja sih bahan-bahan yang harus dihindari kulit berjerawat?
Coba baca daftar ini dulu yuk!

1. SODIUM LAURYL SULFATE

Bahan yang lebih dikenal sebagai SLS ini adalah foaming agent yang banyak dipakai untuk pasta gigi, shampo, dan sabun wajah. Meski bisa membersihkan dengan efektif, sayangnya bahan ini bisa mengiritasi kulit karena terlalu banyak menghilangkan sebum alami dari kulit kita. Orang dengan tipe kulit berjerawat akan lebih terdampak dengan bahan SLS ini, jadi pilihlah sabun wajah yang bebas SLS kalau jerawat adalah masalah utama kamu.

2. SILICONES

Silicone banyak ditemukan di produk seperti primer dan sunscreen. Bahan ini memang dikenal dapat membuat tekstur produk terasa halus saat diaplikasikan ke kulit, tapi ternyata silicone ini dapat menyumbat pori-pori, dan pori-pori yang tersumbat seiring waktu akan membuat kulitmu jadi breakout.

3. MINERAL OIL

Mineral oil dikenal sebagai bahan yang comedogenic. Meskipun dapat mencegah hilangnya kelembaban dari kulit, tapi mineral oil sebenarnya tidak melembabkan kulit. Karena itu bahan ini bisa memperparah kondisi kulit berjerawat.

4. COCONUT OIL

Coconut oil atau minyak kelapa banyak digunakan orang sebagai pembersih makeup atau sebagai pelembab sebelum menggunakan makeup. Tapi kalau kulitmu mudah berjerawat, sebaiknya kamu tidak mengguakannya, karena coconut oil sangatlah comedogenic. Sedangkan kalau kulitmu kering, kamu tidak akan bermasalah menggunakannya karena pori-pori kulit kering cenderung tidak mudah tersumbat.

5. ISOPROPYL MYRISTATE

Bahan ini banyak digunakan untuk melembutkan dan menghaluskan kulit. Tapi bahan ini comedogenic dan mudah menimbulkan jerawat.