Setiap hari selalu ada skincare viral baru yang menggoda untuk dibeli. Eit, tapi jangan mudah tergoda beli skincare yang viral karena belum tentu cocok untuk kulitmu. Bahkan sebelum membeli skincare apapun, kamu pertama-tama harus mengetahui dulu jenis kulitmu sehingga kamu bisa menilai kecocokannya sebelum membeli.

Kalau kamu belum memahami apa jenis kulitmu, baca dulu informasinya di bawah!

Normal

Tipe kulit normal adalah tipe kulit yang paling seimbang. Daerah T-zonenya bisa saja sedikit berminyak, tapi secara keseluruhan sebum dan kelembabannya seimbang. Kulit ini tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering.

Ciri-ciri kulit normal: pori-pori kecil, tekstur kulit lembut, tidak ada blemish pada kulit, tidak sensitive pada banyak bahan-bahan skincare.

Kering

Kulit kering memproduksi sebum lebih sedikit dibandingkan kulit normal. Karena kekurangan sebum, maka kulit kering akan kekurangan lipid yang diperlukan untuk mempertahankan kelembaban kulit. Akibatnya, fungsi barrier yang ada pada kulit akan terganggu.

Ciri-ciri: Ada bagian-bagian kulit yang kasar dan rasa ketat dan gatal pada kulit.

Berminyak

Kulit berminyak memiliki kondisi produksi sebum yang tinggi. Kulit berminyak bisa disebabkan oleh genetic, ,perubahan hormon, stress, proses medikasi, dan kosmetik comedogenic (bisa menyumbat pori-pori).

Ciri-ciri: pori-pori besar dan terlihat jelas, ada kilau pada permukaan kulit, cenderung lebih mudah mengalami breakout.

Kulit Kombinasi

Kondisi kulit kombinasi bisa bervariasi di antara zona T dan pipi. Sebagian area dari kulit kombinasi memproduksi lebih banyak sebum, sementara area lainnya dari kulit kombinasi kekurangan sebum dan lipid, sehingga ada bagian kulit kering yang kasar.

Ciri-ciri: area T yang berminyak, pipi normal cenderung kering, pori-pori besar di area wajah tertentu.

Sensitif

Kulit sensitif ditandai dengan kondisi kulit yang mudah terpicu oleh bahan-bahan skincare.

Ciri-ciri: kulit mudah merah, gatal-gatal, kering, dan terasa terbakar.

Jadi, apa tipe kulitmu?