Memiliki kulit wajah flawless dan glowing adalah impian banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan. Karena itulah produk skincare laris dibeli. Tapi jangan salah, produk skincare secanggih dan semahal apapun tidak akan bisa bekerja dengan maksimal, atau malah tidak akan memberikan efek apa-apa, kalau kamu masih melakukan dosa-dosa perskincare-an ini.

Coba cek daftar berikut, kalau kamu masih melakukan beberapa hal yang disebutkan di daftar berikut ini, mungkin itu penyebabnya kulit wajahmu masih belum seflawless artis-artis korea!

Sering Menyentuh Wajah

Tangan kamu membawa banyak bakteri, apalagi setelah kamu memegang banyak benda. Bakteri ini secara otomatis akan menempel ke wajah kamu saat kamu memegang wajah. Makanya jangan lupa cuci tangan dulu sebelum kamu mengaplikasikan skincare ke wajah.

Nggak Menggunakan SPF

Mencegah lebih daripada mengobati. Kata-kata ini sangat cocok untuk menggambarkan betapa pentingnya SPF untuk kulit. Sinar UVA dan UVB dapat merusak kulit dan mengembalikannya ke kondisi sehat akan sangat sulit. Jadi lebih baik kamu pakai SPF sejak dini untuk mencegah kerusakan tersebut.

Jarang Minum Air

Agar terlihat flawless, kelembapan kulit harus tetap terjaga. Sudah pakai moisturizer? Itu saja belum cukup! Kelembapan juga harus dijaga dari dalam dengan banyak minum air. Kurang banyak minum air bisa jadi penyebab utama kenapa kulitmu selalu dehidrasi.

Tidur Tanpa Membersihkan Makeup

Makeup yang dipakai terlalu lama akan menyumbat pori-pori wajah, belum lagi di wajah kamu ada kotoran yang menumpuk akibat dari beraktivitas seharian. Tidur tanpa membersihkan makeup berarti kamu akan membawa tidur semua kotoran ini. Jangan heran kalau besok paginya langsung muncul jerawat!

Terlalu Sering Mencuci Wajah

Mencuci wajah itu bagus, tapi mencuci wajah terlalu sering justru akan merusak lapisan terluar kulit dengan menghilangkan sebum alami kulit. Makanya, mencuci wajah cukup 2-3 kali saja ya dalam sehari.

Nggak Pernah Membersihkan Sarung Bantal/Layar Ponsel/Brush Makeup

Untuk mendapatkan wajah flawless, nggak cukup hanya dengan membersihkan wajah. Coba cek benda-benda yang paling sering bersentuhan dengan kulit wajah kita. Sudahkah kamu membersihkannya? Kalau belum, mungkin itu sebabnya kamu sering jerawatan!

Merokok

Nikotin menyebabkan pembuluh darah di lapisan kulit terluar jadi menyempit, hal ini membuat aliran darah jadi terganggu dan akibatnya kulit wajah jadi kering, kusam, dan warna kulit jadi tidak merata.

Terlalu Banyak Minum Alkohol

Alkohol bisa melebarkan pori-pori kulit, sehingga bisa memunculkan blackhead dan whitehead baru. Bahkan, kalau kulit nggak dirawat dengan baik, bisa jadi muncul papula!

Mengabaikan Leher dan Dada

Banyak orang masih mengabaikan area leher dan dada saat mengaplikasikan skincare, padahal area ini sama pentingnya dengan wajah. Kamu nggak mau kan punya wajah flawless, tapi  area leher dan dadamu tetap kering dan kusam?

Salah Mengenali Tipe Kulit

Ada jerawat di wajah bukan berarti tipe kulit kamu acne-prone. Ada kilau di wajah bukan berarti tipe kulit kamu berminyak. Salah mengenali kulit terlihat sepele, tapi dampaknya bisa membuat kamu menggunakan produk yang ternyata nggak cocok dengan tipe kulit kamu dan akhirnya memperparah kondisi kulit kamu. Lalu bagaimana cara mengenali tipe kulit? Kalau mau jawaban yang akurat,  dermatologist bisa membantu kamu mengenali tipe kulit kamu.

Dari semua yang disebutkan di atas, ada berapa yang masih kamu lakukan sampai sekarang? Kurang-kurangin ya supaya wajah kamu bisa cepat flawless!